Lokasi Pengunjung Blog

Senin, 11 Mei 2009

Indonesia…, Smoking Area


Indonesia…, Smoking Area. Ya, itulah julukan yang kayaknya pas buat negeri ini, di saat ini. Julukan itu terlintas begitu saja di benak setelah saya selesai membaca artikel yang dibuat oleh teman2 di label Seputar Larangan Merokok. (Silahkan periksa artikelnya di halaman2 bawah).

Sebagai smoking area, maka pantaslah kalau segala bentuk larangan dan himbauan untuk “no smoking” kemudian tidak digubris…, oleh siapapun. (Kalaupun menggubris, itu sekedar basa basi lantaran “kagak enak ame tetangge”).

Masyarakat bukannya tidak mengerti bahwa rokok dan merokok itu tidak sehat, masyarakat sangat tahu akan hal itu. Tapi boleh jadi mereka berpikir, apa salahnya menikmati rokok, menikmati kesenangan kecil, ditengah kehidupan yang sangat getir ini. Ya, sekarang kehidupan memang masih serba sulit dan getir. Ini tak bisa disangkal.

Oleh karena itu prioritas menyehatkan bangsa bukanlah pada mengenyahkan rokok yang “pait ning karem” itu, melainkan harus kepada upaya bagaimana mengenyahkan kegetirannya; kegetiran yang masih saja menyelimuti kehidupan masyarakat dan yang yang sungguh menyesakkan dada.

Ketidak adilan, kesewenang wenangan, pemerasan, penindasan, sikap feodal, korupsi dsb., adalah kegetiran yang mematikan. Itu semua jauh lebih beracun, berbahaya dan “nggilani” daripada sekedar rokok.

Pada saatnya nanti rokok tentu akan mendapat giliran diurus. Tapi itu nanti...

Gitu deh...

Tidak ada komentar: